Read in your own language

Rabu, 10 Juni 2015

Day10 - God Help The Outcast

Pasti temans bertanya-tanya apa maksud dari judul di tulisan hari ke sepuluh ini?
Clue-nya: harus penggemar berat Disney.
Next Clue: ini judul lagu.

Ada yang berhasil nebak? Betul tuh.
Ini lagu "God Help the Outcast" dari film The Hunchback of Notre Dame
Kenapa gw pasang lagu ini sebagai judul?  Karena gw menceritakan apa yang gw pelajari dari lagu ini.

Untuk pengingat lagu ini ada di adegan mana, lagu ini dinyanyikan oleh Esmeralda (tokoh perempuan gipsi dalam film ini). Sedikit latar belakangnya, gipsi saat itu dianggap orang buangan dan dicari-cari oleh pemerintah Prancis karena dianggap sebagai pencuri dan pembuat onar, sehingga saat itu Esmeralda dalam posisi memang sebagai orang yang dicari untuk ditangkap. Singkat cerita, ketika Esmeralda bersembunyi dalam gereja, si penangkapnya tidak bisa berkutik selama Esmeralda dalam gereja. Tapi sekali Esmeralda keluar dari gereja, dia akan segera ditangkap.

Esmeralda bertanya kepada pastur, kenapa sih kami orang gipsi dikejar-kejar seperti ini, siapa dapat menolong kami?
Pastur cuma bilang, mungkin di ruangan ini ada seseorang yang kamu bisa ajak bicara dan minta tolong. Dan menyanyilah Esmeralda.

Liriknya seperti ini:
Esmeralda:
I don't know if You can hear me
Or if You're even there
I don't know if You would listen
To a gypsi's prayer

Yes, I know I'm just an outcast
I shouldn't speak to You
Still I see Your face and wonder
Were You once an outcast too?

God help the outcast
Hungry from birth
Show them the mercy
They don't find on earth

God help my people
They look to You still
God help the outcast
Or nobody will..

(Di sini part yang gw suka untuk menggambarkan betapa mungkin manusia salah mengartikan kemurahan Tuhan dengan meminta untuk kepentingan manusia itu sendiri)
Rakyat
I ask for wealth
I ask for fame
I ask for glory to shine on my way
I ask for love I can posses
I ask for God and His angels to bless me

Esmeralda:
I ask for nothing I can get by
But I know so many less lucky than I
Please help my people
The poor and downtrod
I thought we all were
The children of God
God help the outcast
The children of God

Saat pertama kali gw mendengar lagu ini, langsung tersentil dengan liriknya. Sebenarnya kalau diamati lirik lagu-lagu Disney mengandung ajaran, sindiran, nasihat dll
Di sini yang gw tangkap adalah orang dengan kepercayaannya terkadang menganggap dirinya lebih tinggi dari yang lainnya. Dan ketika kepercayaan diri yang berlebihan itu muncul, keinginan untuk menekan yang lebih lemah menjadi kuat juga.

Di dalam lagu ini, gw merasakan teguran untuk selalu ingat untuk memperlakukan orang lain dengan baik, terutama sentilan yang diberikan ketika umat meminta semua hal yang berujung kepada kemasyuran diri dan si perempuan gipsi malah bilang kalau saya ga akan minta apa yang saya bisa cari, tapi masih ada orang yang lebih kurang beruntung ketimbang saya.. Duu rasanya tuh menohok sekali. Dalam film itu, Disney pengen bilang mungkin jaman dulu hal itu terjadi, tapi ini menjadi peringatan kepada kita jangan terjadi lagi. Jangan menjadi orang yang sok suci dan akhirnya merendahkan orang lain. Bukankah kita semua anak Allah?

Tidak ada komentar: