Read in your own language

Selasa, 09 Juni 2015

Day 9 - Indonesia Menyala

Hari ini jam 9 malam ada launching Gerakan Indonesia Menyala di Metro TV dengan host Najwa Shihab dan tamu 3 menteri, Mendikbud Pak Anies Baswedan, Menteri Komunikasi Pak Rudy Antara, dan Menaker Pak Hanif Dhakiri.

Setiap kita pasti punya makna masing-masing tentang apa yang kita harapkan dengan Indonesia Menyala. Kalau saya ditanya, apa arti Indonesia Menyala bagi saya? Buat saya sendiri menyala artinya menjadikan diri sendiri sumber penerang. Bukan saja sumber daya alam yang menjadi harapan bagi bangsa-bangsa eropa sehingga kita dijajah sedemikian lamanya, tapi sekarang saatnya kita untuk terlihat oleh dunia sebagai bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang handal.

Salah satu yang menarik dari Pak Menteri Tenaga kerja adalah bagaimana membentuk sumber daya manusia yang punya karakter. Punya karakter memang menjadi unsur yang penting kalau kita mau menjadikan Indonesia menyala di dunia. Yang kedua adalah kecintaan kepada ilmu. Bagaimana orang tua ketika mnyekolahkan anak bukan sekedar untuk mencari kerja, tapi untuk mencari ilmu. Bagaimana kita semua juga menjadi bangsa yang mulai mau cinta membaca, sehingga dengan membaca kita dapat mendapatkan ilmu di mana saja tanpa bsa dibatasi
Kedua unsur itu akan membuat kita menjadi sumber daya manusia Indonesia yang mampu menyala dan berarti di dunia.

Di tengah acara ada hal yang menggelitik, adalah bagaimana dengan nasib rekan-rekan di pedalaman untuk 'menyala' secara hurufiah. Menyala dalam arti diadakannya listrik di desa mereka/ daerah mereka... Sampai kapan mereka ada dalam kegelapan? Tapi di sisi lain mungkin kita harus berpikir yang berbed. Bagaimana dengan kita belajar dengan baik, kita bisa menemukan sumber listrik yang bisa kita temui di lokal? Apakah ada anak Indonesia yang bersedia untuk memikirkan hal itu dan bersedia berkarya di sana sehingga listrik bukan hanya menunggu pemerintah..

Acara memang ditutup dengan launching Gerakan Indonesia Menyala.. Banyak hal yang pastinya bisa kita lakukan. Sudah saatnya kita hanya menuntut pada pemerintah tapi bagaimana kita memberi kontribusi. Berharap melihat gebrakan yang lain dari gerakan ini. Saya sendiri sudah tergugah dan mau membuat Indonesia Menyala.

Bagaimana dengan Anda?

Tidak ada komentar: