Read in your own language

Rabu, 03 Juni 2015

Day2 - Belajar dari Alam (Matahari jd alarm)

Kalau kita hidup di perkotaan, ada beberapa hal yang mungkin hilang dari perhatian kita.
Apalagi kalau kita bekerja di Jakarta, saya yakin banyak dari kita pergi harus pagi-pagi sekali sebelum matahari terbit dan pulang malam-malam sekali setelah matahari terbenam.

Saya dari lahir pun berada di kota sibuk ini, tinggalpun di rumah yang tidak berjendela sehingga tidak pernah melihat kapan matahari terbit atau terbenam dan memang saya pun tidak memusingkan hal itu.

sampai suatu saat ketika saya bisa menikmati bekerja di kota kecil, yaitu di Larantuka, Flores Timur.
jadi biasa orang desa masuk kota kan suka diledek kampungan.... kita orang kota hidup di desa suka kampungan kok...  makanya jangan ledekin orang yaaa... hihihih

nah itu yang saya alami loh....
Ketika alam menjadi teman terdekat yang banyak mempengaruhi cara pikir saya
setelah beberapa bulan di sana, akhirnya saya dapat kos. tempatnya enak. punya pintu terpisah dari rumah ibu kos (saya panggil oma), cuma satu yang saya mengganggu pikiran saya.. selain jendela yang memang ada daun jendelanya, ada lagi lobang udara di deket atap yang tidak ditutup dengan apapun... sempet mikir juga. wadoohhh jangan sampe aja banyak nyamuk mengganggu tidur lelapku.. huaaa gimana kalo smp kejadian....
syukurnya ternyata dugaan saya tidak sesuai kenyataan.. selain dibantu obat nyamuk. tenyata memang lobang udara itu diset supaya tidak membuat nyamuk masuk :)
namun bukan itu yg mau diceritakan
 
berhubung kamar saya ada lobang udaranya, sinar matahari dapat menyeruak masuk dan membuat saya menjadi bangun dan itu jadi alarm saya.. berarti sudah jam 6 dan harus mandi.. supaya tidak telat ke kantor...sampai suatu saat, kalo gak salah suatu pagi di bulan Juni saya bangun kaget, karena sudah terang.. padahal saya masih ngantuk... sudahlah saya langsung melesat ke kamar mandi dan buru-buru karena mikir saya sudah telat... setelah mandi, barulah saya liat jam.... huaaaa tau-tau baru jam 5... kok bisa sih mataharinya kepagian... kecele deh....

nah setelah bertanya-tanya pada temen yg memang penduduk di sana tentang kejadian pagi itu, saya baru tahu kalo jam matahari terbit tuh ada musimnya, terkadang lebih cepat, akibatnya malam pun segera datang, ato kalo terbit lebih siang, malampun datang terlambat... 

Saya jadi paham kenapa orang yang tinggal di pedesaan bisa turun temurun belajar bertahan hidup dari memperhatikan gejala alam. Sama seperti saya belajar bagaimana memprediksi hujan ato menduga hujan sudah terjadi di sisi lain pulau dgn melihat langit. Ternyata belajar dari alam menyenangkan. Yang bijaksana adalah menggabungkan kearifan lokal ini dengan teknologi. Pastinya hasilnya akan luar biasa..



 

1 komentar:

naga-mark mengatakan...

infonya sangat menarik,,
mantap.