Read in your own language

Selasa, 26 November 2013

English is Fun

Kali ini saya mau cerita bagaimana belajar bahasa Inggris bisa menyenangkan dan cepet bisa 

Ada banyak pendapat soal belajar bahasa Inggris.. kalo kita kebanyakan bicara bahasa Inggris, ada yang takut kita bisa kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia.. banyak yang bilang juga kalau kita belajar bahasa Inggris nanti kita jadi ke barat-barat-an dan lupa akan adat ketimuran kita.. 
sebenarnya kaya gitu ga sih??

Tapi saya suka kagum sama teman-teman dari Philippines... coba temen2 liat liputan tentang bencana topan di Tacloban... semua yang di wawancara ngomong bahasa Inggrisnya bagus banget.. dan saya yakin kalau mereka bukan berarti sudah lupa bahasa Tagalog-nya

Sepanjang pengalaman saya berkenalan dengan teman-teman dari negeri lain, kemampuan kita berbahasa Inggris membuat kita lebih mencintai negara sendiri dan kita lebih mudah untuk menyebarkan keindahan negeri kita melalui kemampuan Bahasa Inggris kita... Jadi ga terbukti kan kalo jati diri kita sebagai Bangsa Indonesia jadi luntur hanya karena kita bisa bahasa Inggris atau tidak.. karena jati diri itu awalnya dari hati.. seberapa kita cinta bangsa kita .. hihihi lah kok jadi curhat...

Nah, gimana sih caranya supaya belajar Bahasa Inggris dengan menyenangkan, murah dan cepat? 
Saya hanya bisa menyarankan untuk menyenangkan dan murah... kalo soal cepat? saya tidak bisa menjamin karena dimana-mana yang namanya belajar butuh ketekunan dan membangun kebiasaan... kalo itu sudah ada, skill menyusul... hehehe 

Jadi, gimana yah belajar bahasa Inggris menyenangkan dan murah...???
Kalau saya, balik dari hobi saya dari kecil : menyanyi
Nah kalo menyanyi, pasti butuh lagu kan?
Waktu SMP, saya inget kalau saya dikasih kaset sama seorang Kakak di gereja yang tahu memang saya suka nyanyi, dan beliau memberikan sebuah kaset seorang penyanyi Amerika, Sandi Patti… itu kaset pertama yang saya miliki. Kaset itu berkesan buat saya karena kaset itu adalah pertama kali saya mulai suka lagu-lagu berbahasa Inggris… bagusnya sih kaset itu ada teksnya, jadi saya bisa nyanyi sambil baca teks

Waktu berlalu dan kegemaran saya mencari lagu-lagu berbahasa Inggris semakin besar..
berhubung dulu uang jajan terbatas, saya cari jalan untuk bisa kumpulin lagu bahasa Inggris murah meriah...
Jadi Kakak itu juga yang memberikan sebuah walkman yang bisa rekam (record) dan juga bisa denger siaran radio..pada saat saya berulang tahun.. jadi tuh walkman lengkap banget deh….


Nah itu membangun kebiasaan saya selanjutnya…. mencari lagu-lagu di radio dan radio yang paling mantep buat kasih lagu-lagu hits lagu Inggris adalah radio Sonora…
Lalu biasanya nih kalau ada lagu yang saya suka, saya rekam deh.. pertama sih saya minta Mama saya untuk make kaset bekas khotbah yang dia punya.. terus saya pake rekam  … alhasil dalam waktu singkat, saya bisa punya lima kaset kumpulan lagu-lagu hits hasil rekaman… murah meriah kan hahahha

Udah punya lagunya kan, tantangan berikutnya adalah gimana nyanyinya… 
Era 80-an tuh… mbah “google’ belum ada.. computer masih barang mewah (termasuk untuk saya) , internet ga ngerti udah ada ato belum, yang pasti telepon aja belum masuk rumah…  jadi dimana pilihan saya untuk dapat teks lagunya kalau modal saya cuma ada lagu dari hasil rekaman?? 

Saya beruntung bersekolah yang memberi pelajaran Bahasa Inggris sejak 4 SD, jadi pas SMP kosa kata dah mendingan deh walaupun masih tergantung yang ada di buku cetak aja..

Nah dengan dasar itu, saya ambil satu buku kosong dan saya mulai mencatat ulang lirik lagu yang saya rekam itu… itulah kebiasaan yang paling penting bagaimana saya belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan..

Tombol Play, Rewind dan Stop adalah tombol favorit saya dalam walkman kecil itu … dan saya masih simpen beberapa catatan pertama lagu-lagu itu… waaaaa satu lagu tuh lama banget tulis kata-katanya… banyak salah, bingung-bingung sampe ga lama walkman kecil saya itu pun tidak sanggup dan rusak... tapi dengan berjalannya waktu saya belajar sedikit demi sedikit, menambah kosakata demi kosakata.. mengerti kalimat demi kalimat dan sampai bisa mengerti grammar sedikit-sedikit juga dari menulis lirik itu.... untuk pengucapannya, tinggal ikutin deh si penyanyi...
era 80 sampe 90 tuh, penyanyi bahasa Inggris ucapinnya jelas dan benar... jadi mang dijamin banget bahasa Inggris kita kaya bule-bule deh....

Itu sih dasarnya kenapa saya bisa belajar bahasa Inggris dengan murah dan menyenangkan... lumayan kan modal cuma kaset kosong, tape buat rekam sama kamus bahasa Inggris...

Nah kebiasaan lain yang sama murahnya adalah baca buku bahasa Inggris di perpustakaan
Pas SMA, perpus saya lengkap banget termasuk buku cerita bahasa Inggris ada di sana... jadi cara murah lainnya adalah pinjem buku perpustakaan... itu sih untuk melatih bagaimana kita membaca buku cerita... kalo textbook kuliah mah... hmmm tetep susah sih bahasa Inggrisnya hihihi

Nah, nyanyi pake bahasa Inggris udah bisa.... pake penghayatan pula... (kalo mo lebai-lebai sambil nyanyi bisa tuh.. kan ngerti arti lagunya..)
Baca tulisan dalam bahasa Inggris udah lumayan lancar.... karena banyak baca...
kalo ngomong pake bahasa Inggris?? Nanti dulu....hahahhaha itu yg susah

kalo ngomong pake bahasa Inggris, kita mesti buat kalimat untuk bisa diucapkan... duuu bahasa Indonesia aja ngomongnya beribet, mau bahasa Inggris lagi..
Ayo siapa yang lancar tugas mengarangnya??? Saya sih ngaku... duuuu ga bisa deh ngarang2
Terus mana grammar bahasa Inggris kan lumayan beribet tuh....

Ini hal berikutnya yang mesti di nekat - in
belajar ngomong sama orang luar negeri..
Pengalaman pertama saya adalah pas tingkat 3 kuliah... kebetulan kita ada kesempatan untuk ikut pertemuan internasional yang diadakan di Kuningan... lumayan mengasah kemampuan karena disuruh jadi translator.. ketemu sama perwakilan kedubes belanda, belajar ngobrol2 dll
setelah itu, saya lebih percaya diri dan belajar ngobrol sama tamu-tamu perusahaan yang berasal dari luar negeri dan sampai akhirnya saya punya teman-teman dari berbagai negara....

di sepanjang pengalaman itu saya belajar satu hal... kalo urusan ngobrol pake bahasa Inggris, cuma modal Pede aja.... dan jangan takut salah.... karena kalo kita takut salah, kita tidak akan kemana-mana...
Nah prinsip ini juga berlaku untuk semua hal.... jangan pernah takut salah, karena kesalahan itu manusiawi... tapi kalo berulang-ulang salah... itu yang kudu diwaspadai... hihihihi

So.... start practicing your English... you can always find fun and simple way to learn without costing you extra money... and the most important thing is that It's not going to change your identity as Indonesian....Instead ....it will help you to introduce Indonesia to the world..

oh iya, gw mo kasih contoh ah lagu apa yg bikin  gw bisa berlebai-lebai dengan lagu bahasa Inggris
the best sih gw contohin aja untuk  lagu patah hati:
One last cry, How do you heal the broken heart, and lagu2 patah hati lainnya... banyak boooo

Coba lu cari liriknya di google (thank you for the technology), terus cari tau lagunya...trus lu nyanyiin dgn gaya Brian McKnight...terus sambil mikirin mantan lu yang bikin lu kasih the one last cry... pasti rasanya nyeesssss bgt di perasaan tuh... haahahhaha yes, it's me who lebaidotcom hihihi

Enjoy practicing your english *wink-wink*

Tidak ada komentar: