Read in your own language

Senin, 03 Agustus 2015

8 tahun kemudian - Tulisan kedua utk mama (3 Agustus 2007- 2015)

Hari ini tepat 8 tahun mama meninggalkan kami, dan semakin lama makin bersyukur bahwa sepanjang beliau hidup, saya merasakan didikan yang membuat saya bisa menjadi diri saya sekarang. Memang tidak hanya mama, tapi mamalah yang mungkin lebih intens mendidik saya. Setelah tulisan Mengenang 6 tahun berpulangnya Mama, saya semakin disadarkan banyak cerita2 dalam hidup ini yang saya ingat hasil didikan dr mama.

Setiap cerita soal kerusuhan 98, banyak hal tentang mama yang saya jadi ingat... Ketika ada kondisi rush di tahun 97, saya sangat ingat saya 'kencan' sama mama utk nonton film "Titanic" (n sebenarnya mama tuh stlh menikah jarang2 loh nonton bioskop - I'm lucky girl). Jadi di supermarket tmpt kami ntn ternyata terjadi org belanja gila-gilaan dan kita sebenarnya bingung kenapa tp cuek aja.. Yg penting ntn film the hits saat itu. Titanic ehehe

Peristiwa kedua di kerusuhan 98
Jujur, waktu tgl 13 mei.. Saya tuh nakal dan sengaja mo ke kampus utk lihat peristiwa pasca penembakan.. Padahal udah dikabarin kalo kuliah libur... Saya bilang mama kalau mo ke kampus krn mau cek apakah ada ujian atau tidak. Singkat cerita, saya berhasil melihat orasi2 awal dan mulai khawatir ketika terjadi kebakaran2 yang terlihat dr kampus. Jam 12 kami berusaha meninggalkan kampus tapi ternyata dilemparkan gas air mata. Pides boooy... Alhasil masuklah lagi kami ke kampus.. Lalu ada kabar bisa kabur via tembok antara untar dan trisakti...  Itu kami lakukan sampai akhirnya saya berusaha mencari jalan pulang. Tentu saja daerah rumah jadi sasaran kerusuhan. Di situlah didikan mama sangat bermanfaat..
Jadi ketika berjalan mencari jalan pulang, ketemulah saya dengan orang yang biasa jaga pasar. Sama Pak Eddy inilah saya diantar pulang ke rumah. Kenapa saya bilang didikan mama?
Dari kecil saya dididik untuk jangan pernah memandang orang karena kedudukan, malah seharusnya kita lebih menghargai orang yang lebih rendah dari kita. Dan itulah yang selalu saya lakukan dalam berhubungan dengan sekeliling saya dan itulah gunanya.. Pak Eddy itu mengenali saya dan dalam kondisi yang seram itu, dia pastikan saya sampai di rumah.

Peristiwa ketiga adalah pagi hari pasca kerusuhan 13 mei 2015. Saya dan mama punya keinginan besar utk melihat ke luar rumah pasca kerusuhan itu. Asli serem banget.. Sayang dulu blm sering2 foto.. Suasana udah kaya di film2 perang. Aspal kebakar, rumah2 ancur. Dan setelah kami merasa gas air mata, kami balik ke rumah lagi.

Saat ngobrol dengan teman soal memasak, saya juga jadi ingat mama. Saya baru sadar secara tidak sadar saya dilatih utk jadi asisten masak mama. Jadi ingat kalau ada tugas masak dari gereja, mama suka tanya saya bisa bantuin ga? Kalo iya, baru dia mau terima. Dan taukah pembaca.. Setiap mama mau masak, teriakannya cuma Peggy bangun...bantuin.... Dan biasanya pas teler2 saya jd bangun dan bantuin... Termasuk mengemas di tempat...
Paling berasa ga adil dulu pas kalau minta makanan kesukaan, syaratnya harus bantuin buat.. Ahhahah namanya bocah, terserah deh jd asisten asal dapat yang dimau.
Nah krn didikan itu saya paham cara memasak walaupun saya jujurnya masih malas dn ga minat masak.. Tapi kalau dipaksa masak, rasa sih oke lah ahahahha (temen gereja yang biasanya menikmati masakan mamaku. Tau kan behind the scenenya yah gitu de)

Soal berjuang juga mamaku jagonya.. Jadi inget dulu perjuangan mama utk nyekolahin aku di BPK Penabur. Dari TK sampe SMA, mama selalu siap minta surat keterangan dr gereja utk minta keringanan uang muka dan uang sekolah. Bayangin aja.. Mama bisa dpt 1/2 dari yang seharusnya.. Sekolah bagus itu mahal, tapi mama cuma ingetin gini. "Kita bukan org yg punya, dan mo sekolah bagus kudu pake perjuangan, makanya kalo sekolah yang bener, jangan banyak main, kalo pinter mo sekolah ke mana aja jg bisa dgn harga lbh murah. Itu sebabnya walaupun dr sd-sma saya bisa ngatur kapan belajar sendiri kapan main sehingga nilainya selalu minimal rangking 10 besar. Dan ternyata itu pengaruh jg saat dewasa..  Bisa ngatur hidup sendiri juga.

Saya juga belajar utk taat. Jadi ada suatu sore, saya buat mama menangis karena perbuatan saya yang menunda2 kerjaan saat disuruh dan membuat papa saya waktu itu marah besar.. Itu yang buat setiap mama manggil dan suruh sesuatu, saya akan langsung buat entah selesai atau tidak. Dan dari situ saya banyak belajar tentang memahami perasaan orang lain di manapun. "Jika engkau ingin orang lain perbuat kepadamu, lakukanlah ini juga untuk mereka"

Banyak hal tak habis2 didikan mama saat saya sekarang ini.. I am who I am, thanks to my mom
Terima kasih Mama telah mendidik selama ini.
Kamu tidak akan pernah terlupakan
Untuk teman2 yang masih memiliki orang tua (mama papa), hargailah dan sayangi mereka selama mereka masih bersama... Tidak selamanya kesempatan itu akan ada utk teman2.

3 Agustus 2007-2015

Tidak ada komentar: