Read in your own language

Selasa, 14 April 2015

Day 6 #Travelling : Hong Kong, Macau, Shen Zhen - persiapan

Gw terpicu untuk menulis perjalanan ini karena cerita unik teman yg dikirimi tiket ke China. Mumpung lagi Ikutan #NulisRandom2015 jadi niat kuat untuk diselesaikan.

Buat gw challenge utk travelling adalag serunya nyusun jadwal dan memaksimalkan waktu vs budget. Rasanya puas banget kalo bs travel murah tp nyaman. Hhhaha (too good to be true kan)

Kenapa HK-Macau-SZ yang dipilih? Krn travelmate gw pgn nyobain travel ke sana... N gw juga pengen ngulang di sana tapi ga mau pake tur.. Pengen coba cari jalan sendiri karena lebih bisa fleksibel n ga perlu bayar tips.. hahahhaha
Selain itu perjalanan buat gw punya arti petualangan sendiri.. Mo mengenal gw dengan perjalanan gw? Baca yg ini ya: catatan gw tentang travelling ya

Nah waktu itu pilihannya adalah Garuda...karena kalo ke luar negeri harga tiket garuda cukup murah dengan kualitas penerbangan premium. Memang resikonya adalah non-reroute non-refundable alias sekali beli ga bs cancel krn kalo cancel tiket angus. Jadi makin yakin pasti jalan kan. The stake is too high . Tahun 2013 itu gw dapat tiket USD 300 alias 2.7 juta. Lumayan banget kan

Setelah dapet tiket saatnya mencari informasi mau ke mana aja di HK -Macau - Shen Zhen. Sebenarnya sekarang kalau kita ada akses internet, kita bs dapatin semua informasi perihal tips and trik perjalanan. Termasuk spot-spot menarik yang mungkin tidak akan dikunjungi kalau kita ikut tour.

Jadi saya ingat prosesnya adalah kita diskusi mau kemana aja, harapannya mau kemana saja, kira-kira rutenya gimana supaya tidak buang waktu. Kalau buat saya diusahakan semua ditulis dahulu jadi booklet perjalanan. Intinya sih sebenarnya bukan karena ribet, tapi menghindari kebingungan ketika internet sulit. Booklet ini termasuk duit yang kira-kira akan dikeluarkan termasuk dengan dilebihkan beberapa persen untuk menghindari kekurangan uang. Seperti pelajaran sebelumnya, kelebihan uang bisa dalam bentuk dollar atau SGD supaya lain kali jalan-jalan masih bisa ditukar..

Setelah rencana selesai dan uang dibeli, saatnya menunggu waktu keberangkatan. Seperti moto gw selama ini sih, Expect Less Give more. Jadi gw memberikan toleransi yang sangat besar untuk mengubah rencana asalkan jadwal pindah kota tetap sama, karena hotel sudah dibeli.. Yang penting dari perjalanan adalah kita happy...

Ditunggu di cerita selanjutnya di hari pertama perjalanan yaaa..
Rencana vs realita hehhehe

Tidak ada komentar: