Read in your own language

Sabtu, 21 Maret 2015

Senangnya Punya E-Passport

Hari ini saya untuk pertama kalinya mencoba passport baru saya yang adalah E-passport. Thanks a lot to my sister yang udah mempromosikan e-passport yang luar biasa sampe bantuin urus pembuatannya smp ngambilnya apalagi dengan jadwal perjalann adeknya yang mengerikan hahaha

Jadi e-paspor adalah elektronik paspor yang di dalamnya sudah ada chip tentang data2 sidik jari n retina kaya e-ktp gitu. Manfaat yg diberikan pada pengguna e-paspor adalah lewat autogate (ga perlu cap2), gak antri2 banget... Tapi sebenarnya yg diincer pengguna e-passport adalah free visa untuk beberapa negara tertentu, misalnya jepang dll.... Apa lagi si yg diharapkan traveller kalau bukan free visa... Hahaha

Nah, hr ini tepat pertama kali mencoba autogate di Terminal 2 bandara Soekarno-Hatta... Katanya niiii yg punya e-paspor harus pake di autogate.. Ga bs antri.. Krn itu pergilah gw pagi2 untuk nyobain haha
Gw cari autogate yg di sebelahnya ada staff imigrasi (supaya bisa nanya2) hihi... Mulailah dengan bertanya pada petugasnya..
S: "Pak, kalau pakai autogate gimana?"
P: "Udah pernah dicap belum?"
Tambah bingunglah dengan pernyataan itu. Kalau punya e pasport napa ga lewat autogate ya n milih dicap..
S: Belum, Pak.. Bener2 baru nih...
P: Kita coba dulu yaaa
(Langsung beliau scan bagian yg ada chipnya tp dengan sampul plastiknya, rasa2nya ga bisa)
P: buka sampulnya dulu kayanya (sambil kasih balik ke saya untuk buka sampulnya)
(Lalu beliau mencoba lagi, dan posisi scanning... Perhatiin layarnya yaaa. Dan ikuti perubahannya)
(karena lama beliau memanggil petugas lain yg lebih paham... Nice Pak... Hehe.. Pas beliau panggil terbukalah gate nya...haha lebai banget yaaakkk)

Terus kita masuk di tengah2 dan depannya ada gate lagi.... Terus ada alat scan jari.... Hmmm ga jelas jari mana yg harus discan... Ya udah nengok lagi ke bekakang n masih ada petugas imigrasi kedua yg tadi ditanya sama yang pertama.. Ternyata jari telunjuk yg discan...
Saya tro jari telunjuk saya di alat scan itu.. Trus ga ada reaksi hahaha.. Bapaknya cuma bilang... Agak neken..... Mari ikuti petunjuk en ulala... Pintu terbukalah dan saya bs lolos deh.....

Setelah keluar gate saya senyum2 sendiri kesenengan karena nyoba sesuatu yang baru.. Tp kaya kampungan abis dah hahaha.... One said there's always first time of everything.. And this is my first time for e-passport... LOVE IT!!!!!
Maaf tidak ada foto2 krn takut ga boleh hehe

Tidak ada komentar: